5.24.2009

Samariland

Indonesia memang benar-benar negara luar biasa. Alamnya indah, sumberdaya pun meruah, termasuk manusianya, umpel-umpelan. Enak juga jadi public services, yang harusnya melayani, sekarang atau kebiasan minta dilayani. Kebetulan ada dinas ke Samarinda, ada inhouse di PT Carsurin, perusahaan lokal yang berkelas global. 3 hari dari tanggal 22-24 Mei 2009,

wah lumayan nih, sppd-nya guede. tapi kali ini nda. karena inhouse training adalah pnbp sehingga semuanya dibayar oleh customer, sungguh keterlaluan. ya, udah dibayar gratis, minta dilayani pula. dasar. Tapi saya jamin, pelayanan yang instansi saya berikan berkualitas.

Samarinda sebagaimana kota-kota lain di Indonesia mempunyai keunikan tersendiri, baik dari alamnya maupun budayanya. Siapa yang tak pernah dengar sungai mahakam, yups. kalau seingat saya, berdasarkan sejarah, sungai mahakam adalah salah satu wilayah kekuasan kerajaan kutai (kerajaan tertua di indonesia). Nah tempat yang paling sering dijadikan tempat nongkrong adalah tepi suangai. Orang sini bilang tepian mahakam. Suer indah banget, makan atau jalan di tepian sungai mahakam, tapi maaf nih di sini ga ada makanan spesial, yang ada pecel lele atau pecel ayam, ya sama juga boong. Dan ternyata ga cuma makanan doang yang java only, orang-orang di sini juga mayoritas javanese (hampir 90%). So jadi kaya di kampung, hampir tiap ketemu orang, inyong maning-inyong maning. Contoh mas mujiono, salah satu peserta pelatihan. Menurut mas mujiono, dirinya udah hampir 20 tahun di samarinda (ngapain mas? jual daun?)

Saya juga menyempatkan diri mengunjungi dan sholat di masjid islamic center, yang didirikan pada tahun 2006 dengan daya tampung 40.000 ribu jamaah. wah bener2 adem tenan, kalau kata mas mujiono sholat di sini kaya sholat di mekkah. Malam terakhir (malam minggu), saya pun diajak muter2 melihat suasana malam kota samarinda. Dan diakhiri dengan acara makan malam di Godhong Gedhang, apa kataku, java only, soalnya musik pengiringnya lagu campursari, sewu kuto. wah ini di samarinda apa di magetan ya (yang lagi ketiban pesawat hercules).

Tiga hari training pun berlalu. eh dapet pesawat jam 17.55, diundur, menjadi jam 18.25. dasar.

Tidak ada komentar: